Good News From Aceh
FaktaMemoriSejarah

8 Tokoh Dunia yang Bantu Tsunami Aceh 2004

tsunami aceh

Sebentar lagi, masyarakat dunia akan mengenang 17 Tahun Tsunami Aceh. Tsunami terdahsyat sepanjang sejarah peradaban manusia di dunia ini menarik simpati warga dunia, termasuk 8 tokoh ini. Siapa saja?

Kofi Annan

Tokoh dunia pertama yang datang ke Aceh pasca tsunami 2004 adalah Kofi Annan. Kofi Annan saat itu menjabat Sekretaris Jenderal PBB.

Ia mendarat di bandara Sultan Iskandar Muda pada 7 Januari 2005. Bersama rombongannya, ia langsung melihat kondisi wilayah Meulaboh menggunakan helikopter. Sepulangnya dari Aceh Barat, ia juga berkeliling Kota Banda Aceh.

Dalam konferensi pers, ia secara resmi mendirikan pusat komando multinasional di Banda Aceh untuk mempermudah koordinasi penyaluran bantuan dan pemulihan pasca tsunami. 

Recep Tayyip Erdogan

Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan tiba di Aceh menggunakan Airbus A-310 dan mendarat di bandara Sultan Iskandar Muda pada 1 Februari 2005.

Erdogan datang ke beberapa kawasan yang terdampak tsunami di Aceh, salah satunya Lhoknga. Di sana ia menawarkan bantuan pembangunan 1.000 rumah bagi korban. Bantuan ini disalurkan dibawah bendera Bulan Sabit Merah Turki.

Rumah-rumah bantuan Turki tersebut kini dapat dijumpai di sekitaran Lampuuk, Lhoknga hingga Gampong Bitai di Banda Aceh.    

Sultan Hassanal Bolkiah

tsunami acehSultan Hassanal Bolkiah mendarat di Aceh pada 1 Februari 2005. Di Banda Aceh, Sultan dan Perdana Menteri Brunei Darussalam ini bersama rombongannya, mengunjungi beberapa lokasi pengungsian seperti di Ulee Lheue, Pasar Lambaro, Pulau Weh, dan Meulaboh.

Selain itu, Pemerintahan Brunei Darussalam juga mengirimkan logistik dan bantuan militer untuk percepatan pemulihan Aceh kala itu.

Bill Clinton dan George W Bush 

Dua mantan presiden Amerika Serikat juga berkunjung ke Aceh pada 20 Februari 2005. Setiba di Aceh mereka langsung melihat kondisi Aceh menggunakan helikopter.

Bill Clinton dan George W Bush melihat dari udara, betapa dahsyatnya kerusakan yang ditimbulkan tsunami. Bush pun sempat berkata: “Unbelievable”.

Untuk melihat secara langsung, mereka mendarat di dekat masjid Lampuuk, salah satu tempat terparah terdampak tsunami. Dalam konferensi pers, mereka berkomitmen menggelontorkan dana sebesar 950 juta USD. 

Jackie Chan

tsunami acehJackie Chan mengunjungi Aceh pada 18 April 2005. Ia datang bersama rombongan termasuk Miss World asal Peru Maria Julia Mantilla Garcia.

Jackie Chan membawa dana hasil donasi sebesar 4.8 juta USD. Dana tersebut digalang dalam konser amal di Hongkong bersama aktor lainnya Jet Li, Jacky Cheung, Andy Lau dan Chang Hui-mei.

Hari ini kita masih bisa melihat bentuk bantuan Jackie Chan di komplek perumahan persaudaraan Tiongkok, Aceh Besar, yang dikenal dengan Komplek Perumahan Jackie Chan.

Muhammad Mursi

Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi juga mengunjungi Aceh setahun pasca tsunami. Saat itu ia datang ke Banda Aceh sebagai Presiden Ikhwanul Muslimin Mesir.

Ia dan rombongannya membawakan bantuan ke Aceh berupa logistik serta obat-obatan untuk korban tsunami di ibu kota provinsi. Dalam sebuah foto yang beredar, Mursi bersama rombongannya tampak berpose dengan latar bangunan yang rata dengan tanah.

Cristiano Ronaldo

tsunami acehCristiano Ronaldo datang ke Aceh karena Martunis, bocah yang terombang-ambing di lautan pasca tsunami. Ketika ditemukan, Martunis mengenakan baju Rui Costa, salah satu punggawa timnas Portugal untuk Euro 2004.

Kejadian ini menarik simpati dari Portugal sehingga Ronaldo CR7 datang ke Aceh. Ronaldo sendiri tiba di Jakarta pada 11 Juni 2005 dan bertemu dengan beberapa tokoh di Jakarta untuk acara galang dana.

Setelah acara di Jakarta, barulah Ronaldo mendarat di Aceh dan berjumpa dengan Martunis.

Ronaldo kala itu juga meninjau beberapa lokasi bencana di Banda Aceh. Terakhir, CR7 “mengangkat” Martunis dan membawanya ke Portugal.[]

Related posts