Good News From Aceh
SeniHiburanInspirasi

OrangHutan Squad Grup Hip-Hop Aceh Melawan Stigma dengan Budaya

oranghutan squad aceh

Yuk kenalan dengan OrangHutan Squad, salah satu grup musik hip-hop paling hits di Aceh yang kini mulai go nasional. Baca sampai habis ya ulasan berikut.

“Orangutan” Main Musik

oranghutan squad aceh

Setelah sekian tahun pengaruh musik hip-hop masuk ke Aceh, barulah pada Mei 2015 muncul satu grup musik hip-hop asal Aceh yaitu OrangHutan Squad atau biasa disingkat OH Squad.

Grup musik ini kemudian menjelma menjadi salah satu trend musik baru dalam blantika permusikan di Bumi Serambi Mekkah.

Mereka tampil di banyak panggung yang tak jarang berkolaborasi dengan genre musik yang lebih dulu di Aceh. 

Yang menjadi trademark OH Squad adalah DJ-nya memakai topeng wajah orangutan saat tampil dan menggunakan lirik yang kental dengan budaya Aceh dalam setiap lagu yang mereka rilis.

Paduan konsep inilah yang membuat OrangHutan Squad sangat diterima oleh pecinta musik di Aceh.

Totalitas Video Klip

oranghutan squad aceh

OrangHutan Squad cepat populer karena menawarkan beberapa hal yang tidak dimiliki grup musik lain di Aceh.

Pertama, kualitas musik dan lirik-lirik yang mereka padukan dalam setiap bar-nya. Musik yang easy-listening. Lalu, mereka memperindah visual dengan berbagai macam atraksi seni budaya tradisional Aceh dalam alunan hip-hop yang khas Amerika itu. 

Selanjutnya adalah kualitas video klip. OH Squad memproduksi video klip yang kualitasnya tidak main-main.

Video klip yang mereka buat menempatkan music video OH Squad sebagai salah satu grup musik hip-hop yang punya kualitas visual kelas dunia.

Jika ingin melihat video klip dari Aceh rasa Amerika, tontonlah video klip OH Squad.

Kental Budaya Aceh

oranghutan meusyeuhu

OrangHutan Squad sangat merepresentasikan Aceh dalam setiap penampilan. Dengarkan saja lagu “Meusyeuhu”. Mereka membawakan lagu tersebut dengan berbagai bahasa lokal yang ada di Aceh.

Lirik lagu “Meusyeuhu” dinyanyikan dalam 11 bahasa yang dituturkan di Aceh, mulai dari Bahasa Aceh, Bahasa Singkil, Bahasa Kluet, Bahasa Aneuk Jamee, Bahasa Alas, Bahasa Gayo, Bahasa Simeulue Devayan, Bahasa Simeulue Sigulai, Bahasa Gayo Lues, Bahasa Tamiang Hulu dan Bahasa Tamiang Hilir.

Baca juga: Tarian Aceh Ratoh Jaroe Tampil di Video Klip Rapper Inggris

Lagu Meusyeuhu ditutup dengan bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia, sehingga tembang satu ini kayak akan bahasa.

Dari segi busana, mereka juga memakai baju adat yang merepresentasikan daerah masing-masing.

Tampil di Flavs Festival 2022

oranghutan squad

Baru-baru ini, OrangHutan Squad tampil di Flavs Festival 2022 yang berlangsung pada 10 – 11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Ini merupakan festival skena musik hip-hop, soul dan R&B terbesar di Indonesia. Festival ini berupaya mengkolaborasikan musik Hip Hop, Soul, R&B dalam sajian keragaman musik tradisi Indonesia.

Seperti halnya OH Squad, mereka menyajikan musik hip-hop dengan merepresentasikan seni dan budaya dari Aceh. 

Manajer OrangHutan Squad, Wahyudana, bangga skuadnya bisa tampil di panggung Flavs Festival 2022, karena dapat memperkenalkan kesenian musik Aceh ke kancah nasional.

Ia berharap partisipasi OH Squad bisa jadi inspirasi bagi anak muda Aceh lebih semangat berkarya untuk melestarikan budaya dan adat.

oranghutan squad

“Visinya tentu untuk memperlihatkan bagaimana cara anak muda Aceh mengekspresikan karyanya tanpa meninggalkan ke-Aceh-annya walau dibalut dengan konsep anak muda yaitu mengkolaborasikan musik bergenre hip hop,”  kata Wahyudana kepada media, Minggu, 11 September 2022.

OrangHutan Squad membuktikan tidak ada hambatan meraih sukses jika sungguh-sungguh, inovatif, dan adaptif, dalam berkarya![]

 

Related posts